Sabtu, 04 Juli 2009

SEJARAH SINGKAT TETADA KALIMASADA

Wawancara khusus dengan Bapak Ir. Eddy Surohadi, Guru Besar Tetada Kalimasada

Bekal dari orang tua , serta pengalamannya menggeluti keilmuan tenaga dalam ditambah masukan-masukan dari adik-adiknya, serta dukungan dari istri tercinta merupakan bekal bagi Ir.Eddy Surohadi untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan suatu metodologi keilmuan tenaga dalam. Dengan bermunajad kepada Allah SWT akhirnya terwujudlah suatu metodologi keilmuan Tenaga Dalam yang praktis dan modern dengan menjauhi hal-hal yang berbau mistik dan syirik.

Metodologi keilmuan ini kemudian diberinya nama "Kalimasada". Muridnya yang pertama belajar metodologi keilmuan ciptaanya ini adalah istrinya dr. Ida Surohadi beserta adik kandungnya yang nomor enam. Istrinya, dr. Ida Surohadi selanjutnya diserahi tanggung jawab membina bidang kepelatihan sebagai Ketua Dewan Pelatih Pusat sampai sekarang.

Setelah Oktober 1994 adiknya yang nomor tujuh, Drs.Joko H. Suroso diserahi tanggungjawab untuk membantu membina bidang keilmuan, adiknya yang nomor tujuh ini tekun mempelajari ilmu Tetada Kalimasada langsung dari sang kakak sulungnya tersebut dan banyak memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi perkembangan keilmuan LPI Tetada Kalimasada.

Selanjunya semua adik-adiknya belajar metodologi keilmuan ini. Istri dan adik kandungnya inilah yang banyak membantu perkembangan Tetada Kalimasada. Diantara adik-adiknya tersebut yang paling menguasai dan aktif mengembangkan metodologi keilmuan Tenaga Dalam ciptaan Ir. Eddy Surohadi ini adalah Drs. Ec. Joko Heruroso dan dr. Ida Surohadi, sang istri. Kedua orang ini pulalah yang aktif ikut membantu mengembangkan organisasi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada sampai saat ini.

Pengenalan keilmuan Tetada Kalimasada kepada masyarakat umum dimulai pada acara ujian anggota perdana yang pertama yang dilaksanakan di Hotel ELMI Surabaya pada tanggal 24 November 1991. Tanggal inilah yang selalu diperingati setiap tahun sebagai tanggal berdirinya Tetada Kalimasada Indonesia. Pada saat itu Ir.Eddy Surohadi memprakarsai berdirinya Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Tetada Kalimasada dengan mengajak adik, istri dan teman-temanya untuk bergabung dengan Lembaga yang yang didirikannya itu. Pada saat itu Lembaga ini memfokuskan kegiatannya pada keilmuan bela diri tenaga dalam dengan nama Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Kalimasada.

Tetapi pada 25 Oktober 1992 orientasi pelatihan lebih dititikberatkan pada Terapi untuk kesehatan. Berkaitan dengan itu nama Lembaga disesuaikan menjadi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Kalimasada. Sejak berubah menjadi olahraga terapi tersebut Kalimasada berkembang lebih pesat. Selanjutnya pada ulang tahun ke-3 Kalimasada di Gedung Go Skate Surabaya 25 Oktober 1994 diresmikan nama baru Kalimasada menjadi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada (LPI Tetada Kalimasada).

Sejak awal berdirinya Tetada Kalimasada banyak didukung oleh kalangan medik. Kalangan medik ini banyak membantu dalam memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan kesehatan.

Pengembangan Kalimasada di Luar Negeri

Pengembangan di luar negeri dimulai dari presentasi Tetada Kalimasada di Rotary Singapura kemudian disusul dengan dilatihnya anggota perdana pertama bertempat di KBRI Singapura (Januari 1993).

Selanjunya pada medio Pebruari 1993 Team Pengembangan Tetada Kalimasada ke luar negeri menghadap pimpinan negara pada saat itu untuk untuk minta ijin/ dukungan rencana pengembangan Tetada Kalimasada ke Amerika, pimpinan negara saat itu mendukung pengembangan Kalimasada ke luar negeri. Selanjutnya Ir. Eddy Surohadi bersama team berangkat ke USA untuk menyelenggarakan Ujian Perdana Pertama di Skyline Theatre Houston Texas disusul ujian-ujian perdana di Tuscon, Los Angeles dan San Francisco.

Perkembangan di USA menjadi makin berarti setelah diselenggarakan seminar di Wisma Indonesia di Tilden Street Washington DC pada bulan Juni 1994 yang diselenggarakan oleh Duta Besar RI di USA Dr. Arifin Siregar dengan mengundang para Diplomat dan warga negara Indonesia di Washington DC.

Sebagai pembicara tunggal resmi pertama di USA tersebut adalah Ir. Eddy Surohadi didukung oleh demo para anggota yang berdatangan dari Los Angeles dan Tucson.. Selesai seminar Bapak Dubes RI untuk USA, Dr. Arifin Siregar beserta Ibu dan para Pejabat Indonesia di KBRI serta beberapa warga masyarakat menyatakan ikut bergabung mengikuti pelatihan Tenaga Dalam Kalimsada, memelopori angkatan pertama Kalimasada Washington DC.

Perkembangan Kalimasada di Eropa

Setelah mengadakan seminar di Washington DC, Ir. Eddy Surohadi melanjutkan perjalanannya ke Nederland bertempat di Ryswik Ir.Eddy Surohadi menjadi pembicara tunggal serta melakukan demo yang didukung oleh Drs.Utomo Yosodirjo (Asisten Pelatih dari Jakarta). Penyelenggara seminar adalah perkumpulan warga Tionghoa keturunan Indonesia di Ryswik.

Seminar besar ini mengundang para peserta dari seluruh Nederland dan negara-negara di sekitarnya. Tidak kurang dari 300 orang hadir pada acara tersebut. Setelah seminar ada sekitar 60 orang yang menyatakan diri bergabung menjadi anggota perdana Kalimasada di Nederland.

Pada periode berikutnya Tetada Kalimasada membuka cabang di Amsterdam kemudian terus berkembang ke negara-negara sekitarnya, yaitu Finlandia, Swedia, Belgia, Jerman, dan Austria.

Pada bulan Mei 1998 Ir. Eddy Surohadi menyelenggarakan Seminar Internasional ke-3 bertempat di markas besar OPEC Wina Austria, seminar ini dibuka langsung oleh Sekjen OPEC Dr. Rilwanu Lukman. Bertindak sebagai pembicara pada saat itu adalah Ir.Eddy Surohadi dibantu oleh Dr. Abdul Muin (anggota Tetada Kalimasada Austria yang menjadi staf di OPEC). Demo dipimpin oleh Drs. Suhartono (Ketua Tetada Kalimasada Austria). Selesai seminar hampir seluruh peserta seminar mengikuti Pelatihan Tetada Kalimasada. Sekjen OPEC beserta ibu juga mengikuti latihan tingkat Perdana.

Perkembangan di Indonesia

LPI Tetada Kalimasada berkembang dengan cepat di Indonesia. Hingga saat ini telah menjangkau 80 daerah dengan sekitar 240 cabang dan unit latihan di seluruh Indonesia. Jumlah peserta yang terdaftar saat ini lebih kurang 80.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pengikut

Arsip Blog