Sabtu, 04 Juli 2009

Sepintas Mengenai Tetada Kalimasada

Lembaga ini bernama Lembaga Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada disingkat LPI Tetada Kalimasada.

1. Apakah Tetada Kalimasada itu ?

Tetada Kalimasada adalah olahraga Terapi dengan cara membangkitkan kemampuan tenaga Dalam seseorang melalui latihan-latihan tertentu. Dengan menggunakan teknik yang praktis dan moderat tanpa menggunakan mantra atau puasa atau cara-cara tertentu yang berbau mistik/ syirik. Kemoderatan Tetada Kalimasada yang berpusat di Surabaya ini tampak dari setiap latihannya yang menggunakan irama standar dengan menggunakan pukulan atau suara Tambur/ Bedug dan Musik. Maksud penggunaan Irama dengan musik standar ini adalah agar seluruh anggota Tetada Kalimasada diseluruh dunia pada saat latihan mempunyai standar irama dan waktu yang sama sehingga dapat merasakan manfaat yang sama dengan tingkat power tenaga dalam yang standar.

Nama Kalimasada sendiri diambil dari cerita Wayang Purwo, adalah senjata milik Puntadewa Putera tertua dari lima bersaudara Pendawa. Puntadewa yang disebut juga Yudistira dikenal sangat sabar, berbudi pekerti yang baik dan santun, senjatanya yang bernama Kalimasada tersebut dikenal sangat ampuh.

Adapun filosofi pemberian nama Kalimasada pada Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada adalah bahwa ilmu ini akan ampuh jika dimiliki oleh seorang yang sabar dan berbudi pekerti yang baik.

2. Bagaimana Kalimasada bisa tercipta ?

Metodologi Keilmuan Tetada Kalimasada diciptakan oleh Ir. Eddy Surohadi alumni ITS Surabaya, putera tertua dari delapan bersaudara anak pasangan suami istri Bapak R. Suroso Sastrosudiro dan Ibu Herawati Rodiah. Bekal yang didapatnya dari orang tua serta pengalamannnya menggeluti keilmuan tenaga dalam ditambah dengan bantuan dari adik-adiknya serta istrinya untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan suatu metodologi keilmuan tenaga dalam. Dengan bermunajad kepada Allah SWT akhirnya terwujudlah suatu metodologi keilmuan Tenaga Dalam yang praktis dan modern dengan menjauhi hal-hal yang berbau mistik dan syirik. Metodologi Keilmuan dan Terapi Tenaga Dalam ini kemudian diberinya nama Tetada Kalimasada.

3. Unsur-unsur apa saja yang ada didalamnya :

Unsur-unsur yang ada didalamnya adalah unsur Gerakan (jurus), pernafasan, Konsentrasi, Relaksasi Progresif, dan Sinkronisasi Getaran.

4. Berasal dari manakah Tetada Kalimasada ?

Tetada Kalimasada berasal dari Kota Surabaya, Indonesia.

5. Apakah Tetada Kalimasada sudah mendunia ?

Ir. Eddy Surohadi terus berusaha untuk mengenalkan Tetada Kalimasada ke Seluruh Dunia dengan menyelenggarakan seminar-seminar dan Presentasi di manca negara. Diantaranya di Berkeley University USA, Tucson University, Wisma Indonesia Washington DC di USA. Perkembangan Tetada Kalimasada di USA pada saat itu dipelopori oleh Duta Besar RI untuk USA, Bapak DR. Arifin Siregar beserta Ibu. Kemudian di Ryswik, Amsterdam, Den Haag di Belanda, Helsinki - Finlandia, Stockholm - Swedia, Belgia, Bon, Frankfurt dan Heilbrone di Jerman, dan di Wina Austria. Ketua Tetada Kalimasada Austria Drs. Suhartono Zahir (Atase Ilmu Pengetahuan KBRI Wina) bersama para staf ahli Indonesia di Organisasi Minyak Dunia OPEC memelopori penyelenggaraan Seminar Tetada Kalimasada di Sekretariat Jenderal OPEC di Wina. Seminar OPEC ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal OPEC DR. Rilwanu Lukman pada saat itu (Mei 1998). Sekjen OPEC dan istri serta staf ahli negara-negara anggota OPEC beserta keluarga yang menghadiri seminar tersebut semuanya tertarik dan ikut memelopori pembentukan Tetada Kalimasada cabang Sekretariat Jenderal OPEC.

Sampai saat ini seminar-seminar dan presentasi terus diselenggarakan dimanca negara.

6. Anggota Tetada Kalimasada saat ini sudah tersebar di 17 Negara di Dunia.

7. Bagaimana perkembangannya di Dunia ?

Perkembangan di Dunia cukup berarti. Media TV Dunia seperti CNN International, sudah dua kali menyiarkannya. Demikian juga koran-koran dan majalah, radio dan televisi setempat.

8. Tetada Kalimasada dikenalkan di Indonesia sejak 24 November 1991 di kota Surabaya.

9. Pelopor Tetada Kalimasada adalah Ir. Eddy Surohadi yang merupakan Guru Besar Tetada Kalimasada dan juga sebagai satu-satunya Pencipta Metodologi Keilmuan Tetada Kalimasada. Dalam organisasi Tetada Kalimasada istilah Guru Besar disebut Ketua Dewan Pembina.

10. Bagaimana Tetada Kalimasada bisa dikenal di Indonesia :

Tetada Kalimasada dikenalkan di Indonesia melalui media massa dan banyak didukung oleh kalangan medik, tokoh-tokoh Guru Besar di bidang kedokteran serta para dokter spesialis, dokter umum/ gigi dan psycholog.

11. Hingga saat ini apakah Tetada Kalimasada populer di Indonesia :

Tetada Kalimasada sudah sangat populer di Indonesia dan mempunyai cabang yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia.

12. Bagaimana perkembangannya di Indonesia ?

Perkembangannya cukup pesat.

13. Secara umum, siapa sajakah kebanyakan penggemar Tetada Klaimasada saat ini (berdasarkan kelas sosial ekonomi) kenapa ?

Kebanyakan penggemar Tetada Kalimasada adalah golongan menengah keatas. Kenapa ? Mungkin karena golongan strata inilah yang punya cukup waktu untuk berolah raga yang rutin. Serta mempunyai wawasan yang lebih luas tentang perlunya menjaga kesehatan tubuh demi usaha mencegah datangnya penyakit.

14. Secara umum siapa sajakah yang disarankan sebaiknya mengikuti Kalimasada ? Mengapa demikian ?

Disarankan kepada mereka yang sehat atau yang kebetulan sedang sakit. Bagi yang sehat, latihan ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan vitalitas tubuh dan tetap awet muda serta meningkatkan gairah dan kemampuan sex. Sedang bagi yang sakit, latihan ini dimaksudkan agar dapat mempercepat kesembuhan dan membantu terbentuknya anti bodi terhadap penyakit. Bagi penyakit-penyakit tertentu latihan ini untuk mengobati langsung penyakit tersebut.

15. Bagaimana cara-cara mengikuti Tetada Kalimasada ?

Silahkan menghubungi sekretariat terdekat, untuk Jakarta dapat menhubungi Padepokan Tetada Kalimasada Jabotabek di Jl. Alam Permai IX PY 19-20, Pondok Indah, Jakarta Selatan, telp. : 021-75900561.

16. Apakah wadah Induk Tetada Kalimasada ?

Wadah induknya adalah Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada dan berpusat di Graha Kalimasada Surabaya di Jl. Kali Kepiting 111, Surabaya, telp. : 031-5946506.

Pengikut

Arsip Blog